Cara Menghidupkan Sudut Ruangan ~ Desain Interior | Interior Minimalis | 08119621112

Friends

Cara Menghidupkan Sudut Ruangan

Seringkali sebuah sudut menjadi ruang yang mati. Sudut ruang itu jarang diolah. Sedikitnya hanya menjadi tempat untuk meletakkan furnitur. Padahal dalam sebuah ruangan, sudut memiliki kekuatan visual yang besar. Sudut ruangan dapat menjadi vista (penanda) dari sebuah ruang. Apabila anda bisa mengolahnya, ruangan pun semakin berciri dan bisa dibanggakan.Empat desain sudut di bawah ini dapat dijadikan inspirasi dan contoh olahan sudut tersebut dapat menarik bagi rumah anda.


Desain 1 : Tempat memanjakan hewan peliharaan
Jika anda memilki hewan peliharaan lebih dari satu jenis, bagaimana menempatkannya? Sebenarnya bisa saja menyatukannya dalam satu tempat. Di satu sudut luar ruang misalnya. Sudut teras depan bisa disulap menjadi kandang hewan peliharaan anda. Anda memiliki beberapa kelinci dan beragam jenis ikan hias. Anda bisa menggabungkan kandang kelinci dan kolam ikan tanpa memakan banyak ruang.
Ide awalnya dari sudut kecil ukuran 1,5m x 1,5m dengan bentuk bertingkat-tingkat. Pengembangannya adalah dengan membuat tiga akuarium yang dibuat menggantung. Topangannya berupa besi di setiap sudut, dengan gantungan kawat baja yang ditancapkan pada balok di atas plafon. Untuk mempercantik kandang kelinci, buatlah air terjun dari akuarium di atas tadi. Beri juga split level untuk kandang sehingga kelinci mendapatkan ruang yang lebih luas untuk bermain.

Desain 2 : Sudut baca penuh cahaya
Sudut ruang bisa jadi lebih hidup dengan penataan cahaya yang atraktif. Contohnya, lampu tak selalu harus kaku. Permainan lantai yang menyala, menyorot susunan rak buku, menjadi atraksi visual yang indah. Tiga lampu neon 24 watt ditempatkan di bak semen ukuran 80cm x 80cm dengan kedalaman 18cm. Agar berkesan menyatu dengan lantai, buatlah tutup bak semen berisi lampu tersebut. Disarankan menggunakan glassblock. Gunakan list aluminium membidangi susunan glass block tersebut. Glassblock tersusun ini bisa ditutup-dibuka untuk keperluan perawatan lampu.
Sudut ini menjadi ruang baca dan ruang kerja. Maka ada sebuah rak buku yang tersusun dari empat kawat terikat di atap dan lantai. Papan rak buku ditopang oleh empat kawat tersebut. Menarik bukan.

Desain 3 : Sudut masif menjadi bar mini
Sudut ruangan anda masif? Jangan khawatir susah mengolahnya anda bisa mengakalinya. Kenapa tidak anda jadikan sebuah bar mini? Bar mini tak memerlukan ruang yang besar. Cukup ruang ukuran 1,5m x 1,5m dengan area pergerakan 2m x 2m.
Bar dibuat lebih tinggi dari lantai dasar, sekitar 10cm. buat dua bar di dua sisi yang satu untuk makan besar yang satu lagi hanya untuk sekedar minum-minum. Di bagian atas dibuat laci unik dengan bentuk memanjang ke bawah. Laci yang disangkutkan oleh kawat di dalam plafon. Di salah satu sisi ditambahkan ambalan tempat memajang berbagai perabot rumah tangga. Nah kini anda sudah menciptakan ruang baru dari bahan kayu dari sudut masif itu.

Desain 4 : Olahan sudut bermata air
Menikmati mata air tidak harus jauh-jauh pergi ke gunung. Di rumah pun anda bisa. Pancaran lembut air dari dalam tanah dan seolah-olah merembes ke permukaan merupakan ide yang menarik dari olahan sebuah sudut. Anda bisa mendesainnya di sudut ruangan yang kecil, ukuran 2m x 2m. yang perlu anda lakukan adalah membuat instalasi kolam tertutup. Buat bak air dari semen berukuran 75cm x 75cm dengan kedalaman 15cm. di atasnya ditutup dengan dengan rangkaian bata merah. Penataan bata merah bisa dilakukan dengan dinamis , sehingga seperti bekas air yang mengering. Sebagai alas bata, gunakan ijuk yang disusun rata setinggi 7,5cm dari bata, gunakan ijuk yang disusun rata setinggi 7,5cm dari dasar kolam. Untuk instalasi air, pompa 25watt bisa jadi pilihan karena efek tampilannya Cuma pancaran air yang lembut.
Untuk menguatkan suasana alam, anda bisa memainkan unsur kayu dan taman gantung. Dahan kayu yang berbentuk bagus dihaluskan dan ditempel didinding dengan angker besi. Selain sebagai aksen sudut, di sini juga bisa digunakan sebagai ruang baca atau ruang untuk rileks.

Related Post :

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More